A.
Dasar-Dasar Kewirausahaan
Wirausaha memiliki
arti secara umum yaitu kegiatan usaha yang dilakukan oleh seseorang secara
mandiri dengan tujuan menghasilkan barang atau jasa. Berikut merupakan
karakteristik wirausaha:
1. Memiliki
sifat jujur
Kejujuran adalah hal
utama dalam memulai usaha atau menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Karena
kejujuran ini sama halnya dengan amanah yang diberikan pada anda sebagai
pemimpin dari karyawan atau konsumen
anda. Jujur dalam segala hal yang terjadi dalam pekerjaan yang anda lakukan dan
tidak berbuat licik.
2. Selalu
disiplin
Ingatlah bahwa anda tidak
memiliki atasan yang akan menegur jika anda telat datang ke tempat kerja atau
saat anda lalai dalam bertugas. Maka kedisiplinan menjadi yang utama dalam
pekerjaan anda di bidang wirausaha ini. disiplin merupakan sifat dasar dalam
menggerakan motivasi dan semangat dalam menjalankan usaha dan pekerjaannya.
3. Kreatif
dan inovatif
Kreatifitas adalah
kemampuan seseorang dalam menciptakan sesuatu yang berbeda, jika anda memiliki
kreatifitas yang tinggi maka usaha yang anda jalankan pun akan menarik minat
masyarakat sehingga menimbulkan keuntungan bagi usaha anda. Sedangkan inovatif
adalah sebuah terobosan baru dan seorang wirausaha harus memiliki
terobosan-terobosan baru dan meninggalkan cara-cara lama dalam suatu pekerjaan.
4. Memiliki
komitmen tinggi
Mulailah dengan
berkomitmen pada diri anda sendiri dengan memegang teguh prinsip yang jelas dan
pasti saat anda akan memulai menjalankan usaha.
5. Mandiri
serta realistis
Tidak menggantungkan
keputusan pada orang lain tapi memutuskan segala sesuatu yang terjadi oleh diri
sendiri. Sikap mandiri dan realistis ini harus dimiliki oleh seorang wirausaha
agar dapat menjalani setiap usaha yang sedang digelutinya.
6. Memiliki
keterampilan personal
Setiap wirausaha harus
mau dan mampu mencari dan menangkap setiap peluang yang akan menguntungkan
usahanya. Ia harus memanfaatkan setiap peluang yang ada, mau berkomunikasi
dengan siapapun, dan menangani setiap usaha dengan terencana serta mampu
bekerja sama dengan berbagai pihak yang akan menguntungkan perusahaan.
Dengan
karakteristik yang dimiliki oleh seorang wirausaha tersebut maka besar
kemungkinan wirausaha tersebut akan mudah mendapatkan sumber-sumber peluang
usaha. Berikut merupakan sumber-sumber peluang usaha yang biasanya didapatkan
oleh seorang wirausaha:
1. Diri
Sendiri
- Untuk
menjalankan usaha haruslah konsisten dan memiliki komitmen
- Untuk
menjalankan usaha memerlukan proses yang panjang, sampai usaha tersebut sukses
- Untuk
menjalankan usaha butuh terus mencoba dan pantang menyerah, dengan didukung
kreativitas dan juga mempunyai pengetahuan yang mencukup untuk meraih
keberhasilan
2. Lingkungan
- Usaha
yang dimiliki orang tua yang terus dikembangkan, menjadikan semakin besar dan
luas
- Di
lingkungan sekitar rumah
- Kebiasaan
diri sendiri
3. Konsumen
Permintaan, keluhan,
saran atau harapan konsumen pada barang atau jasa di pasar dapat menjadi sumber
ide untuk menciptakan usaha.
4. Perubahan
Yang Terjadi
Peluang usaha bisa muncul
dari berbagai perubahan lingkungan apabila orang tersebut dapat membaca situasi
untuk dijadikan peluang usaha.
B.
Cara Menyusun Rencana
Bisnis
Kata
“Peluang Usaha” terdiri dari dua kata, yaitu Peluang yang artinya kesempatan,
dan Usaha yang artinya upaya dengan berbagai daya untuk mencapai tujuan atau
sesuatu yang diinginkan.
Peluang
usaha merupakan sesuatu kesempatan yang muncul pada waktu tertentu yang bisa
memberikan kesempatan besar untuk memperoleh keuntungan, jika dalam kesempatan
itu dilakukan suatu tindakan dengan mengarahkan tenaga dan pikiran.
Pemasaran
merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu
produk atau layanan yang mereka punya. Pemasaran ini mencakup pengiklanan,
penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen atau perusahaan lain. Konsep dari
produk yang dihasilkan suatu perusahaan haruslah memiliki konsep yang sesuai
dengan keinginan pelanggan agar pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan pada
suatu produk dapat menghasilkan keuntungan yang optimal.
Berikut
merupakan aspek-aspek yang harus dimiliki oleh perusahaan dalam menjual
produknya, antara lain:
a. Aspek
Hukum
Aspek hukum dalam setiap
kegiatan kewirausahaan sangat di anjurkan bagi setiap pelaku usaha atau
kelompok usaha tertentu untuk dapat menyadari manfaat serta mengaplikasikannya
dalam setiap kegiatan wirausaha, baik dalam skala kecil maupun dalam skala
besar. Sehingga sebelum kegiatan wirausaha itu dijalankan, maka perlu prosedur
yang berkaitan dengan izin-izin atau berbagai persyaratan harus terlebih dahulu
sudah terpenuhi.
b. Aspek
AMDAL
Tujuan dari dilakukannya AMDAL
adalah sebagai berikut:
-
Bahan bagi perencanaan
pembangunan wilayah
-
Membantu proses
pengambilan keputusan tentang kelayakan lingkungan hidup dari rencana usaha
dan/atau kegiatan
-
Memberi masukan untuk
penyusunan disain rinci teknis dari rencana usaha dan/atau kegiatan
-
Memberi masukan untuk
penyusunan rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup
-
Memberi informasi bagi
masyarakat atas dampak yang ditimbulkan dari suatu rencana usaha dan atau
kegiatan
https://jagad.id/pengertian-wirausaha-tujuan-ciri-ciri-karakteristik-dan-manfaat/#Karakteristik_Wirausaha
https://seputarilmu.com/2019/10/peluang-usaha.html
https://cpssoft.com/blog/bisnis/pengertian-pemasaran-fungsi-dan-jenis-pemasaran-dalam-bisnis/
https://www.gurupendidikan.co.id/amdal/
Komentar
Posting Komentar