Langsung ke konten utama

TUGAS TULISAN 2 KEWIRAUSAHAAN


A.        Aspek Desain Produk
Pengertian Desain Produk adalah rangkaian usaha untuk mempelajari dan merencanakan benda pakai yang fungsional, ergonomis dan estetis sehingga menjadi lebih bernilai dan bermanfaat bagi penggunanya (konsumen). Biasanya produk yang telah dirancang akan diproduksi masal secara industri. Oleh karena itu terkadang bidang studi ini juga disebut sebagai desain industri.
Desain produk sendiri secara objek memiliki fungsi:
-          Menjadi identitas (brand) dari produk
-          Melindungi produk (quality control)
-          Menambah nilai produk
Definisi peluang usaha adalah suatu kesempatan yang datang, menjadikan dapat dimanfaatkan untuk memperoleh keuntunngan. Atau dapat pula diartikan sebagai kesempatan yang muncul di waktu tertenu yang dapat memberikan kesempatan besar untuk mendapatkan keuntungan apabila dalam kesempatan tersebut dilakukan suatu perbuatan dengan mengarahkan tenaga dan pikiran.
Ada beberapa jenis peluang usaha antara lain peluang usaha yang potensial dan peluang usaha yang baik. Ciri-ciri dari setiap jenis tersebut adalah sebagai berikut:
Ciri-ciri Peluang Usaha Yang Potensial
Terdapat beberapa ciri-ciri peluang usaha yang potensial, antara lain:
-          Mempunyai nilai jual tinggi
-          Bukan hanya sekedar ambisi tetapi harus bersifat nyata
-          Bisa bertahan lama atau berkelanjutan di pasar
-          Skala usaha itu dapat diperbesar atau ditingkatkan
-          Tidak terlalu banyak modal yang digunakan, investasinya tidak terlalu besar tetapi sangat berpotensi menguntungkan dan lain sebagainya.
Ciri-ciri Peluang Usaha Yang Baik
Sedangkan ciri-ciri peluang usaha yang baik yaitu sebagai berikut:
-          Peluang usaha tidak meniru orang lain tetapi asli hasil riset dan pemikiran diri sendiri
-          Peluang harus dapat mengantisipasi perubahan persaingan di pasar
-          Adanya keyakinan dapat mewujudkannya
-          Peluang itu harus sesuai dengan kehendak
-          Kelayakan usaha tersebut telah teruji
-          Adanya rasa senang apabila menjalankannya
Setiap perusahaan akan menghasilkan produk dan hampir selalu dihadapkan pada persaingan dengan perusahaan lainnya. Supaya bisa bersaing dengan jangka panjang, maka kualitas produk menjadi konsep yang penting yang harus dipahami di dalam manajemen perusahaan ketika menjalankan aktivitasnya. Keputusan dalam membuat desain produk artinya adalah keputusan yang akan menentukan kulitas produknya seperti apa, yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.
Berikut konsep dasar dari sebuah desain produk :
1.       Penelitian dan pengembangan
Penelitian merupakan dasar dalam mencari pengetahuan yang baru. Walaupun tidak berpengaruh secara langsung, tetapi berdasar pada penelitian dan produk baru yang dikembangkan di masa depan. Penelitian ini bisa diterapkan dalam mengembangkan produk secara komersial,
2.       Rekayasa terbalik
Merupakan suatu proses pembongkaran dalam sebuah produk, memahami desainnya dan dalam mengembangkan produk yang lebih baik dari yang sudah ada.
3.       Penggunaan sistem perangkat lunak
Dalam mengembangkan model yang sudah terkomputerisasi dari sebuah produk yang baru, dan dalam menganalisis parameter desainnya.
4.       Memerlukan pendekatan dengan cara sistematik dalam mengintegrasikan seluruh proses desain produk, dan berbagai proses pendukungnya
Seorang desainer harus memerhatikan dan mempertimbangkan seluruh aspek siklus hidup suatu produk, termasuk di dalamnya aspek kualitas, biaya, jadwal dan juga kebutuhan konsumen. Untuk itu dibutuhkan adanya pengembangan dalam konsep pasar, desain produk, pengembangan proses pembuatan, pemilihan dan pengaturan bahan untuk desain baru yang dilakukan oleh tim yang berbeda di saat yang bersamaan. Sehingga dapat menghemat waktu dalam mengembangkan produk yang baru. Di dalam praktiknya, ada berbagai konsep yang digabungkan dan diterapkan bersama dalam merancang sebuah produk yang baru.

B.      Aspek produksi dan Teknologi
Tujuan studi kelayakan bisnis aspek produksi dan teknologi yaitu untuk meyakini secara teknis dan pilihan teknologi, mengenai rencana bisnis dapat dilaksanakan secara layak atau tidak layak, baik pada saat pembangunan bisnis berjalan atau operasional secara rutin.
Contoh beberapa aspek teknik yang sering menjadi pertimbangan dalam sebuah perusahaan yaitu:
1.       Rencana Produksi
Setelah beberapa alternatif pilihan ide produk sudah tersaring, maka selanjutnya akan dikaji mengenai produk  atau beberapa produk,  apa yang menjadi prioritas untuk diproduksi. Umumnya, untuk menetapkan produk tersebut akan dilakukan melalui tahapan – tahapan pekerjaan , tahapan itu meliputi diantaranya:
-        Menentukan Ide Produk dan Seleksi
-        Membuat Desain Produk Awal
-        Membuat Prototipe dan Pengujian
-        Implementasi
2.       Strategi bisnis
Agar barang atau jasa yang diproduksi akan memenuhi kebutuhan para konsumen, biasanya didahului dengan suatu kegiatan penelitian pasar dan pemasaran yang sering digunakan yaitu pemilihan strategi. Dari masukan penelitian pasar dan pemasaran tersebut, berikutnya akan ditetapkan  berbagai macam  produk yang menjadi alternatif untuk dibuat, selanjutnya akan dikaji  kaitannya dengan aspek – aspek yang lain, seperti aspek keuangan dan sebagainya.
3.       Proses Produksi
Selanjutnya proses produksi yaitu mulai dari membuat produk, sampai pada kemasan yang siap dilakukan. Contoh pada proses produksi yang digunakan jika pabrik menangani berbagai macam proses yang berbeda. Misalnya dalam satu set rangkaian peralatan tertentu disusun untuk memproses satu batch produk tertentu, lalu dihentikan dan di set kembali untuk memproses jenis produk lain yang berbeda. Peralatannya tentu terdiri dari mesin – mesin yang berfungsi multipurpose agar lebih fleksibel, dan dapat memenuhi lebih dari satu variasi produk.



Sumber:

A.        Aspek Desain Produk
Pengertian Desain Produk adalah rangkaian usaha untuk mempelajari dan merencanakan benda pakai yang fungsional, ergonomis dan estetis sehingga menjadi lebih bernilai dan bermanfaat bagi penggunanya (konsumen). Biasanya produk yang telah dirancang akan diproduksi masal secara industri. Oleh karena itu terkadang bidang studi ini juga disebut sebagai desain industri.
Desain produk sendiri secara objek memiliki fungsi:
-          Menjadi identitas (brand) dari produk
-          Melindungi produk (quality control)
-          Menambah nilai produk
Definisi peluang usaha adalah suatu kesempatan yang datang, menjadikan dapat dimanfaatkan untuk memperoleh keuntunngan. Atau dapat pula diartikan sebagai kesempatan yang muncul di waktu tertenu yang dapat memberikan kesempatan besar untuk mendapatkan keuntungan apabila dalam kesempatan tersebut dilakukan suatu perbuatan dengan mengarahkan tenaga dan pikiran.
Ada beberapa jenis peluang usaha antara lain peluang usaha yang potensial dan peluang usaha yang baik. Ciri-ciri dari setiap jenis tersebut adalah sebagai berikut:
Ciri-ciri Peluang Usaha Yang Potensial
Terdapat beberapa ciri-ciri peluang usaha yang potensial, antara lain:
-          Mempunyai nilai jual tinggi
-          Bukan hanya sekedar ambisi tetapi harus bersifat nyata
-          Bisa bertahan lama atau berkelanjutan di pasar
-          Skala usaha itu dapat diperbesar atau ditingkatkan
-          Tidak terlalu banyak modal yang digunakan, investasinya tidak terlalu besar tetapi sangat berpotensi menguntungkan dan lain sebagainya.
Ciri-ciri Peluang Usaha Yang Baik
Sedangkan ciri-ciri peluang usaha yang baik yaitu sebagai berikut:
-          Peluang usaha tidak meniru orang lain tetapi asli hasil riset dan pemikiran diri sendiri
-          Peluang harus dapat mengantisipasi perubahan persaingan di pasar
-          Adanya keyakinan dapat mewujudkannya
-          Peluang itu harus sesuai dengan kehendak
-          Kelayakan usaha tersebut telah teruji
-          Adanya rasa senang apabila menjalankannya
Setiap perusahaan akan menghasilkan produk dan hampir selalu dihadapkan pada persaingan dengan perusahaan lainnya. Supaya bisa bersaing dengan jangka panjang, maka kualitas produk menjadi konsep yang penting yang harus dipahami di dalam manajemen perusahaan ketika menjalankan aktivitasnya. Keputusan dalam membuat desain produk artinya adalah keputusan yang akan menentukan kulitas produknya seperti apa, yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.
Berikut konsep dasar dari sebuah desain produk :
1.       Penelitian dan pengembangan
Penelitian merupakan dasar dalam mencari pengetahuan yang baru. Walaupun tidak berpengaruh secara langsung, tetapi berdasar pada penelitian dan produk baru yang dikembangkan di masa depan. Penelitian ini bisa diterapkan dalam mengembangkan produk secara komersial,
2.       Rekayasa terbalik
Merupakan suatu proses pembongkaran dalam sebuah produk, memahami desainnya dan dalam mengembangkan produk yang lebih baik dari yang sudah ada.
3.       Penggunaan sistem perangkat lunak
Dalam mengembangkan model yang sudah terkomputerisasi dari sebuah produk yang baru, dan dalam menganalisis parameter desainnya.
4.       Memerlukan pendekatan dengan cara sistematik dalam mengintegrasikan seluruh proses desain produk, dan berbagai proses pendukungnya
Seorang desainer harus memerhatikan dan mempertimbangkan seluruh aspek siklus hidup suatu produk, termasuk di dalamnya aspek kualitas, biaya, jadwal dan juga kebutuhan konsumen. Untuk itu dibutuhkan adanya pengembangan dalam konsep pasar, desain produk, pengembangan proses pembuatan, pemilihan dan pengaturan bahan untuk desain baru yang dilakukan oleh tim yang berbeda di saat yang bersamaan. Sehingga dapat menghemat waktu dalam mengembangkan produk yang baru. Di dalam praktiknya, ada berbagai konsep yang digabungkan dan diterapkan bersama dalam merancang sebuah produk yang baru.

B.      Aspek produksi dan Teknologi
Tujuan studi kelayakan bisnis aspek produksi dan teknologi yaitu untuk meyakini secara teknis dan pilihan teknologi, mengenai rencana bisnis dapat dilaksanakan secara layak atau tidak layak, baik pada saat pembangunan bisnis berjalan atau operasional secara rutin.
Contoh beberapa aspek teknik yang sering menjadi pertimbangan dalam sebuah perusahaan yaitu:
1.       Rencana Produksi
Setelah beberapa alternatif pilihan ide produk sudah tersaring, maka selanjutnya akan dikaji mengenai produk  atau beberapa produk,  apa yang menjadi prioritas untuk diproduksi. Umumnya, untuk menetapkan produk tersebut akan dilakukan melalui tahapan – tahapan pekerjaan , tahapan itu meliputi diantaranya:
-        Menentukan Ide Produk dan Seleksi
-        Membuat Desain Produk Awal
-        Membuat Prototipe dan Pengujian
-        Implementasi
2.       Strategi bisnis
Agar barang atau jasa yang diproduksi akan memenuhi kebutuhan para konsumen, biasanya didahului dengan suatu kegiatan penelitian pasar dan pemasaran yang sering digunakan yaitu pemilihan strategi. Dari masukan penelitian pasar dan pemasaran tersebut, berikutnya akan ditetapkan  berbagai macam  produk yang menjadi alternatif untuk dibuat, selanjutnya akan dikaji  kaitannya dengan aspek – aspek yang lain, seperti aspek keuangan dan sebagainya.
3.       Proses Produksi
Selanjutnya proses produksi yaitu mulai dari membuat produk, sampai pada kemasan yang siap dilakukan. Contoh pada proses produksi yang digunakan jika pabrik menangani berbagai macam proses yang berbeda. Misalnya dalam satu set rangkaian peralatan tertentu disusun untuk memproses satu batch produk tertentu, lalu dihentikan dan di set kembali untuk memproses jenis produk lain yang berbeda. Peralatannya tentu terdiri dari mesin – mesin yang berfungsi multipurpose agar lebih fleksibel, dan dapat memenuhi lebih dari satu variasi produk.




Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETIKA PROFESI (CHEF)

A. Pengertian Etika Profesi Apa itu Etika Profesi? Berikut dibawah merupakan pengertian Etika Profesi menurut para ahli: 1.       Kaiser Menurut Kaiser (Suhrawardi Lubis, 1994:6-7), pengertian etika profesi adalah sikap hidup berupa keadilan untuk memberikan pelayanan professional terhadap masyarakat dengan penuh ketertiban dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka melaksanakan tugas berupa kewajiban terhadap masyarakat. 2.       Siti Rahayu Menurut Siti Rahayu (2010), pengertian etika profesi adalah kode etik untuk profesi tertentu dan karenanya harus dimengerti selayaknya, bukan sebagai etika absolut. 3.        Anang Usman Menurut Anang Usman, SH., MSi, etika profesi adalah sikap hidup untuk memenuhi kebutuhan pelayanan profesional dari klien dengan keterlibatan dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka kewajiban masyarakat sebagai keseluruhan terhadap para anggota masyarakat yang memb...

Tugas SoftSkill (PKN)

KELOMPOK 2                                     ”KETAHANAN NASIONAL”                                                                                     DOSEN                      : Mutiara,SIKOM DISUSUN OLEH      : Aldo Elandri/ 30416517      ...

Contoh Kasus Undang-Undang Perindustrian

Ketujuh perusahaan yang ada di Indonesia, yaitu PT Newmont Minahasa Raya yang menambang emas di Sulut, PT Suryacipta Rezeki di Kepri dengan komoditas pasir darat, satu perusahaan tambang batu besi di Kepri, dan PT Karimun Granit juga di Kepri dengan komoditas granit. Pokok permasalahan yang membuat terjeratnya hukum ketujuh perusahaan tersebut adalah pencemaran lingkungan, penambangan illegal dan hutan lindung. Padahal seperti yang kita ketahui hal tersebut tidak akan terjadi apabila adanya koordinasi yang baik dengan instasi pemerintahan. Pencemaran lingkungan yang saat ini sering menjadi permasalahan adalah adanya limbah B3 yang berada dalam kriteria aman. Pemerintah harusnya lebih ketat dalam mengawasi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang produksi maupun pertambangan. Setidaknya pemerintah harus dapat menjalankan peraturan-peraturan yang telah di buatnya dengan tegas. Banyak sekali dampak yang dihasilkan akibat perusahaan-prusahaan yang tidak bertanggung jawab ini, conto...