Pengertian Merk
-
Pengertian
merek adalah simbol, tanda, rancangan ataupun sebuah kombinasi dari tiga hal
tersebut yang ditujukan sebagai identitas dari beberapa penjual untuk kemudian
dijadikan sebagai pembeda dengan pesaing yang ada di pasaran (Kotler 2009).
- Marty
Neumeier mulai dengan menjelaskan apa yang bukan merek. Menurut Marty Neumeier
merek itu bukan logo, merek itu bukan identitas dan merek itu bukan produk.
(Marty Neumeier)
- Merek
adalah seperangkat aset (atau kewajiban) yang ditautkan dengan nama dan simbol
yang menambah (atau mengurangi dari) nilai yang diberikan oleh suatu produk
atau layanan. (David A. Aaker)
- Merek
adalah Aset yang menciptakan nilai bagi pelanggan dengan meningkatkan kepuasan
dan menghargai kualitas. (Kartajaya, 2010)
- Merek
adalah sebagai berikut, sebuah merek merupakan lebih dari sekedar produk,
karena mempunyai sebuah dimensi yang menjadi diferensiasi dengan produk lain
yang sejenis. (Keller, 2008)
Tingkatan Merk
Terdapat enam tingkat pengertian merek menurut Surachman
(2008;3). Keenam tingkat tersebut akan membantu kita memahami secara lebih jauh
mengenai apa arti merek yang sebenarnya.
1. Atribut
: memiliki kaitan dengan pengertian dari merek, disebutkan merek akan
mengingatkan pada hal tertentu. Sebagai contoh, merek BMW akan cenderung
mengingatkan para konsumen atas sebuah produk mobil dan lain sebagainya.
2. Manfaat
: selain menyatakan atribut, merek juga memiliki nilai manfaat dimana hal ini
cenderung berkaitan dengan manfaat fungsional. Seperti halnya “tahan lama”
memiliki manfaat supaya tidak cepat membeli lagi.
3. Nilai
: merek juga memiliki keterkaitan dengan nilai produsen seperti merek mercedez
yang sangat berkaitan dengan bergengsi, memiliki kinerja yang tinggi dan lain
sebagainya.
4. Budaya
: sebuah merek juga mewakili adanya budaya tertentu. Misalnya saja Mercedez
yang mewakili sebuah budaya Jerman yang sangat bermutu dan juga terorganisir
5. Kepribadian
: merek ternyata juga mewakili sebuah kepribadian tersendiri seperti halnya
Mercedez yang mencerminkan sebuah pemimpin yang sangat masuk akal atau lainnya
6. Pemakai
: maksud dari hal ini adalah bahwa merek menunjukkan siapa pemakai dari
kendaraan Mercedez tersebut yang dalam hal ini adalah para diplomat ataupun
eksekutif.Merek itu sendiri adalah sebuah pembeda antara satu perusahaan dengan
perusahaan lainnya atas apa yang saat ini ditawarkan.
Tujuan Merk
Sebuah
merek juga mempengaruhi pengambilan keputusan untuk membeli produk, hingga
akhirnya memunculkan hubungan loyalitas antara pembeli dan penjual. Jadi,
secara umum, merek memiliki tujuan sebagai berikut:
1. Alat
promosi untuk menarik perhatian para konsumen di pasaran
2. Menjadi
identitas yang akan bermanfaat pada proses diferensiasi atas sebuah produk
dengan produk lainnya di pasaran sehingga akan memberikan kemudahan bagi para
pembeli untuk mendapatkannya
3. Mempertahankan
citra produk dengan memberikan sebuah jaminan kualitas, keyakinan dan juga
prestise tertentu atas sebuah produk
4. Sebagai
alat dalam pengendalian sebuah pasar
5. Memperkenalkan
sebuah produk baru yang nantinya akan membantu dalam mendapatkan pelanggan baru
ke depannya dengan lebih mudah dari sebelumnya
6.
Memberikan
perlindungan hukum atas nilai istimewa yang dimiliki sebuah produk tertentu
7.
Memudahkan
para penjual dalam melakukan segmentasi pasar dengan lebih baik
8.
Meningkatkan
terciptanya sebuah inovasi produk yang akan mendorong para konsumen melakukan
berbagai keunikan tersendiri demi menghindarkan dari adanya tindakan peniruan
yang dilakukan oleh para pesaing
Merek
juga mampu mengidentifikasi sebuah kualitas produk hingga akhirnya membantu
para konsumen berbelanja secara lebih efektif dan juga efisien.
Komentar
Posting Komentar