Langsung ke konten utama

Mengenal Merk


Pengertian Merk
-     Pengertian merek adalah simbol, tanda, rancangan ataupun sebuah kombinasi dari tiga hal tersebut yang ditujukan sebagai identitas dari beberapa penjual untuk kemudian dijadikan sebagai pembeda dengan pesaing yang ada di pasaran (Kotler 2009).
-  Marty Neumeier mulai dengan menjelaskan apa yang bukan merek. Menurut Marty Neumeier merek itu bukan logo, merek itu bukan identitas dan merek itu bukan produk. (Marty Neumeier)
-    Merek adalah seperangkat aset (atau kewajiban) yang ditautkan dengan nama dan simbol yang menambah (atau mengurangi dari) nilai yang diberikan oleh suatu produk atau layanan. (David A. Aaker)
-  Merek adalah Aset yang menciptakan nilai bagi pelanggan dengan meningkatkan  kepuasan dan menghargai kualitas. (Kartajaya, 2010)
-   Merek adalah sebagai berikut, sebuah merek merupakan lebih dari sekedar produk, karena mempunyai sebuah dimensi yang menjadi diferensiasi dengan produk lain yang sejenis. (Keller, 2008)

Tingkatan Merk
Terdapat enam tingkat pengertian merek menurut Surachman (2008;3). Keenam tingkat tersebut akan membantu kita memahami secara lebih jauh mengenai apa arti merek yang sebenarnya.
1. Atribut : memiliki kaitan dengan pengertian dari merek, disebutkan merek akan mengingatkan pada hal tertentu. Sebagai contoh, merek BMW akan cenderung mengingatkan para konsumen atas sebuah produk mobil dan lain sebagainya.
2. Manfaat : selain menyatakan atribut, merek juga memiliki nilai manfaat dimana hal ini cenderung berkaitan dengan manfaat fungsional. Seperti halnya “tahan lama” memiliki manfaat supaya tidak cepat membeli lagi.
3. Nilai : merek juga memiliki keterkaitan dengan nilai produsen seperti merek mercedez yang sangat berkaitan dengan bergengsi, memiliki kinerja yang tinggi dan lain sebagainya.
4.  Budaya : sebuah merek juga mewakili adanya budaya tertentu. Misalnya saja Mercedez yang mewakili sebuah budaya Jerman yang sangat bermutu dan juga terorganisir
5.  Kepribadian : merek ternyata juga mewakili sebuah kepribadian tersendiri seperti halnya Mercedez yang mencerminkan sebuah pemimpin yang sangat masuk akal atau lainnya
6. Pemakai : maksud dari hal ini adalah bahwa merek menunjukkan siapa pemakai dari kendaraan Mercedez tersebut yang dalam hal ini adalah para diplomat ataupun eksekutif.Merek itu sendiri adalah sebuah pembeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya atas apa yang saat ini ditawarkan.

Tujuan Merk
Sebuah merek juga mempengaruhi pengambilan keputusan untuk membeli produk, hingga akhirnya memunculkan hubungan loyalitas antara pembeli dan penjual. Jadi, secara umum, merek memiliki tujuan sebagai berikut:
1.  Alat promosi untuk menarik perhatian para konsumen di pasaran
2. Menjadi identitas yang akan bermanfaat pada proses diferensiasi atas sebuah produk dengan produk lainnya di pasaran sehingga akan memberikan kemudahan bagi para pembeli untuk mendapatkannya
3. Mempertahankan citra produk dengan memberikan sebuah jaminan kualitas, keyakinan dan juga prestise tertentu atas sebuah produk
4.  Sebagai alat dalam pengendalian sebuah pasar
5. Memperkenalkan sebuah produk baru yang nantinya akan membantu dalam  mendapatkan pelanggan baru ke depannya dengan lebih mudah dari sebelumnya
6.   Memberikan perlindungan hukum atas nilai istimewa yang dimiliki sebuah produk tertentu
7.   Memudahkan para penjual dalam melakukan segmentasi pasar dengan lebih baik
8.   Meningkatkan terciptanya sebuah inovasi produk yang akan mendorong para konsumen melakukan berbagai keunikan tersendiri demi menghindarkan dari adanya tindakan peniruan yang dilakukan oleh para pesaing
Merek juga mampu mengidentifikasi sebuah kualitas produk hingga akhirnya membantu para konsumen berbelanja secara lebih efektif dan juga efisien.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETIKA PROFESI (CHEF)

A. Pengertian Etika Profesi Apa itu Etika Profesi? Berikut dibawah merupakan pengertian Etika Profesi menurut para ahli: 1.       Kaiser Menurut Kaiser (Suhrawardi Lubis, 1994:6-7), pengertian etika profesi adalah sikap hidup berupa keadilan untuk memberikan pelayanan professional terhadap masyarakat dengan penuh ketertiban dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka melaksanakan tugas berupa kewajiban terhadap masyarakat. 2.       Siti Rahayu Menurut Siti Rahayu (2010), pengertian etika profesi adalah kode etik untuk profesi tertentu dan karenanya harus dimengerti selayaknya, bukan sebagai etika absolut. 3.        Anang Usman Menurut Anang Usman, SH., MSi, etika profesi adalah sikap hidup untuk memenuhi kebutuhan pelayanan profesional dari klien dengan keterlibatan dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka kewajiban masyarakat sebagai keseluruhan terhadap para anggota masyarakat yang memb...

Tugas SoftSkill (PKN)

KELOMPOK 2                                     ”KETAHANAN NASIONAL”                                                                                     DOSEN                      : Mutiara,SIKOM DISUSUN OLEH      : Aldo Elandri/ 30416517      ...

Contoh Kasus Undang-Undang Perindustrian

Ketujuh perusahaan yang ada di Indonesia, yaitu PT Newmont Minahasa Raya yang menambang emas di Sulut, PT Suryacipta Rezeki di Kepri dengan komoditas pasir darat, satu perusahaan tambang batu besi di Kepri, dan PT Karimun Granit juga di Kepri dengan komoditas granit. Pokok permasalahan yang membuat terjeratnya hukum ketujuh perusahaan tersebut adalah pencemaran lingkungan, penambangan illegal dan hutan lindung. Padahal seperti yang kita ketahui hal tersebut tidak akan terjadi apabila adanya koordinasi yang baik dengan instasi pemerintahan. Pencemaran lingkungan yang saat ini sering menjadi permasalahan adalah adanya limbah B3 yang berada dalam kriteria aman. Pemerintah harusnya lebih ketat dalam mengawasi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang produksi maupun pertambangan. Setidaknya pemerintah harus dapat menjalankan peraturan-peraturan yang telah di buatnya dengan tegas. Banyak sekali dampak yang dihasilkan akibat perusahaan-prusahaan yang tidak bertanggung jawab ini, conto...